Rabu, 04 November 2020

Smart city


Smart city secara arti bahasa adalah kota pintar, yang merupakan sebuah konsep perencanaan, pengembangan, pengelolaan dan juga pengimplementasian teknologi dalam suatu kota. Pengertian lain bahwa smart city ( kota pintar ) merupakan sebuah kota yang terdepan dalam perekonomian, sumber daya manusia, pemerintahan, mobilitas, lingkungan serta kehidupan masyarakat, yang mana keseluruhan dibangun secara cerdas independen dan memiliki kesadaran dari msyarakatnya.
.
 Pada dasarnya smart city dapat diartikan sebagai kota yang memanfaatkan teknologi informasi dan mengintegrasikan seluruh infrastruktur dan pelayanan kepada pemerintah dan masyarakat, seperti administrasi, pendidikan, kesehatan, transportasi, perekonomian, sumber daya, pemukiman dan keselamatan publik sehingga dengan bersinerginya seluruh aspek tersebut bersama masyarakat akan meningkatkan pembangunan dan pengelolaan kota yang baik.

 Smart city juga dapat direprentasikan sebagai kota cergas ( cerdas dan gagas ) cerdas dalam bertindak dan segera mengeksekusi sampai suatu permasalahan terselesaikan dengan baik. Konsep cergas melibatkan tiga komponen yaitu teknologi, proses dan manusia. Ketiga komponen harus saling mendukung dan selaras dalam mewujudkan cita-cita dan tujuan kota melalui implementasi smart city.
.
 smart city merupakan konsep pengembangan dan pengelolaan Kota dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk menghubungkan mengendalikan dan memonitor sumber daya yang ada di dalam Kota dengan Lebih efektif dan efisien untuk memaksimalkan pelayanan kepada warga serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

Indikator Smart City

 Pengembangan konsep smart city sebenarnya sudah dilakukan oleh negaranegara maju di Eropa dan Amerika serta sebagian di Asia. Pengembangan tersebut dapat dilihat dari beberapa karakteristik. Karakteristik tersebut meliputi smart economic, smart, smart mobility, smart governance, smart people, smart living dan smart enviorment.

Ekonomi merupakan aspek penting dalam suatu daerah maupun negara. Dalam roadmap smart city kota malang dijelaskan bahwa Smart economy adalah karakteristik penerapan information, communication, technology, terhadap pertumbuhan ekonomi yang memberikan kemudahan, produktifitas dan juga kemajuan pelayanan. Dalam smart economy menurut roadmap smart city kota malang lebih memfokuskan dalam pengembangan sistem ekonomi yang berbasis ICT, dalam pengimplementasianya seperti contoh yaitu melalui kemudahan pelayanan pariwisata yang akan meningkatkan pendapatan, selain itu smart economy juga memfokuskan pada produktifitas serta efektif efisien dalam pemanfaatan sumber daya Pembangunan suatu daerah tidak harus dalam konteks fisik namun juga pembangunan manusianya. Seperti dalam konsep smart city, dalam konsep smart city pembangunan smart people adalah faktor yang penting karena pembangunan suatu kota tergantung masyarakatnya. 

Dalam roadmap smart city Kota Malang dijelaskan bahwa smart people adalah karakteristik yang berkaitan dengan sumber daya manusia yaitu masyarakat kota pemahaman masyarakat tentang teknologi yang diperoleh dari pendidikan dan juga pelatihan menciptakan masyarakat yang inklusif yang bertujuan untuk mendorong kreatifitas dan inovasi Smart mobility merupakan sebuah dimensi yang penting dari smart city.

Smart mobility atau secara harfiah pergerakan yang pintar adalah sistem pergerakan yang memungkinkan pencapaian tujuan transportasi dengan pergerakan seefisien mungkin dan seefektif mungkin dengan hambatan serendah mungkin. Dengan kata lain smart mobility adalah sebuah konsep yang mengembangkan dan mengiplementasikan pemanfaatan teknologi dalam transportasi dengan meminimalkan berbagai resiko seperti kemacetan, kecelakaan dan dampak sosial lainya.

Smart enviroment atau menajemen sumber daya alam yang cerdas adalah karakteristik dalam penggunaan teknologi informasi dalam rangka menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan yang sehat serta pelestarian lingkungan untuk menciptakan energi terbarukan, pengendalian dan monitoring pencemaran pembangunan fasilitas dan bangunan hijau atau ramah lingkungan Smart environment sangat penting untuk di implemetasikan dalam sebuah kota maupun daerah yang mana kita tahu bahwa sebuah kota saat ini sangat buruk dalam hal manajemen sumber daya alam. Smart environment selain untuk menjaga kelestarian lingkungan juga sebagai mengurangi dampak perubahan iklim, mengurangi pencemaran, menemukan sumber daya terbarukan dan ramah lingkungan dan juga sebagai daya saing sebuah kota. Tidak dapat dipungkiri bahwa sebuah kota yang terjaga kelestarian lingkunganya akan menjadi nilai tambah untuk masyarakat luar kota. 

Smart living adalah paragdigma yang melibatkan kehidupan sehari-hari baik dalam hal tempat tinggal, lingkungan sekitar maupun dalam fasilitas penunjang. Dimana dalam smart living tersebut lebih menekankan atau memfokuskan pada pembangunan gedung yang aman, ramah lingkungan, nyaman serta indah. Selain itu juga memperhatikan aspek lingkungan dengan memperhatikan efek rumah kaca, pembuatan drainase serta lingkungan yang sehat. Selain itu smart living juga soal fasilitas penunjang seperti air minum, dan juga tempat taman hijau untuk tempat bermain.  Senada dengan roadmap smart city Kota Malang bahwa smart living adalah karakteristik smart city dalam hal gaya hidup masyarakat. Dinilai dari perilaku dan kebiasaan konsumsi untuk menjaga kesehatan lingkungan dan keamanan sebuah kota. Sebagai contoh smart living adalah sebuah rumah yang nyaman dan ramah lingkungan yang memanfaatkan teknologi CCTV untuk keamanan, lampu otomatis, sirkulasi udara yang memadai, drainase yang baik, akses air minum, serta pemanfaatan ruang kosong untuk kegiatan yang efektif seperti menanam sayuran konsep hidroponik. 

Tidak ada komentar: