Rabu, 28 Oktober 2020

Bentuk Perubahan Sosial


Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial Bentuk perubahan sosial dalam kehidupan bermasyarakat dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

  1. Perubahan lambat dan perubahan cepat Perubahan lambat adalah Perubahan-perubahan yang memerlukan waktu yang lama, dan rentetan-rentetan perubahan kecil yang saling mengikuti dengan lambat atau dinamakan evolusi. Perubahan cepat adalah perubahan-perubahan sosial dan kebudayaan yang berlangsung dengan cepat dan menyangkut dasar-dasar atau sendi-sendi pokok kehidupan masyarakat.
  2. Perubahan kecil dan perubahan besar Perubahan kecil merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada unsur-unsur struktur sosial yang tidak membawa pengaruh langsungatau berarti bagi masyarakat. Perubahan besar adalah perubahan yang membawa pengaruh besar pada masyarakat (Soerjono Soekanto, 2007: 269-274).
  3. Perubahan yang dikehendaki atau perubahan yang direncanakan Perubahan yang dikehendaki atau direncanakan merupakan perubahan yang telah direncanakan terlebih dahulu oleh pihak-pihak yang hendak mengadakan perubahan didalam masyarakat.
  4. Perubahan yang tidak dikehendaki atau perubahan yang tidak direncanakan Perubahan sosial yang tidak dikehendaki atau tidak direncanakan merupakan perubahan-perubahan yang terjadi tanpa dikehendaki, berlangsung di luar jangkauan pengawasan masyarakat dan dapat menyebabkan timbulnya akibat-akibat sosial yang tidsk dikehendaki.

Faktor-faktor yang menyebabkan perubahan sosial:

  1. faktor internal ini disebut juga dengan istilah faktor sosigenik artinya masyarakat itu sendiri yang merupakan sumber perubahan sosial, masyarakat disini dapat bersifat kolektif maupun individual, faktor internal ini masih dapat dibedakan lagi menjadi faktor internal manifest/ yang disengaja (intended) dan laten/ tidak disengaja (unintended).
  2. Faktor eksternal faktor eksternal merupakan faktor-faktor yang terdapat diluar masyarakat yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial, misal kependudukan, perubahan lingkungan, penjajahan atau agama.

Tidak ada komentar: