Selasa, 03 November 2020

Dasar Bentuk Pengorganisasian


Tindakan pengorganisasian mempunyai dasar-dasar yang perlu dipertimbangkan dasar tindakan pengoraganisasian menyangkut
  1. Pekerjaan
  2. Tempat bekerja.
  3. Hubungan-hubungan yang terjalin dalam menjalankan pekerjaan ditempat bekerja
  4. Orang-orangnya sendiri Seorang manajer,dalam melakukan pengorganisasi,perlu sekali mempertimbangkan halhal tersebut.


• Pekerjaan

Pekerjaan dalam rangka pengorganisasian ditetapkan sebagai suatu hasil dari perencanaan yang telah disepakati. Pekerjaan tersebut, yang semula bulatsatu, kemudian di bagi-bagi dipecah-pecah sedemikian rupa hingga habis terbagi dalam organisasi (suborganisasi), kemudian dalam sub-sub organisasi masing-masing dibagi lagi sedemikian rupa sehingga tiap-tiap orang mendapat beban pekerjaan sedemikian dikhendaki oleh organisasi.

• Tempat Kerja

Pekerjaan yang khendak dilaksanakan memerlukan tempat kerja tempat kerja, meliputi alat dan ruangan kerja fisik yang perlu bagi orang-orang untuk melaksankan pekerjaan. Misalnya, letak / tempat / ruang pelaksanaan kerja, bahan-bahan, mesin-mesin, penerangan, bangku-bangku, alat-alat perlengkapan kantor/buku petunjuk, kartu-kartu, formulir-formulir dan seterusnya.

Tempat kerja yang meliputi akat dan ruang kerja tersebut diperlukan dan dimasukan dalam rangka pengorganisasian, serta diperinci sejelas-jelasnya, bagi tiap kelompok pekerjaan dan orang-orang yang terlihat didalamnya.

• Hubungan Kerja

Hubungan antara orang dan pekerjaan serta tempat kerja merupakan satu-kesatuan yang penting dalam rangka pengorganisasian. Misalnya, hubungan antara satu unit organisasi dengan organisasi lainnya, antara karyawan satu dengan karyawan yang lain,dan ruang kerja yang satu dengan yang lain, juga hubungan menyangkut wewenang atas pekerjaan satu dengan wewenang yang lain.
sebagaimana sering terjadi serasi tidaknya hubungan tersebut sering mempengaruhi hasil kerja dan keputusan pegawai dalam bekerja

• Orang-orangnya

Penugasan, penempatan orang-orang dalam organisasi mempunyai arti penting disamping hal-hal yang disebutkan diatas.dalam langkah, pengorganisasian, hendaknya setiap orang ada tempatnya dan setiap orang pada tempatnya. Dengan pekerjaan dan tempat kerja yang jelas(termasuk tugas, wewenang, dan tanggung jawab) hubungan kerja dapat di arahkan dalam hubungan kerja yang serasi dan semua menyambung bagi pencapai tujuan organisasi yang hakikatnya juga tujuan dari orang-orang didalam organisasi yang bersangkutan satu untuk semua dan semua untuk satu.

Tidak ada komentar: