Kamis, 20 Maret 2014

Akuntansi Pemerintahan





Adapun mengenai pengertian Akuntansi Pemerintahan menurut Revrisond Baswir (1998,7) adalah sebagai berikut:
 
Akuntansi Pemerintahan (termasuk di dalamnya akuntansi untuk lembaga-lembaga yang tidak bertujuan mencari laba lainnya), adalah bidang akuntansi yang berkaitan dengan lembaga pemerintahan dan lembaga-lembaga yang tidak bertujuan mencari laba”.






menurut Edward S. Lyn: 1974 Sifat Lembaga Pemerintahan

1. Keinginan mengejar laba tidak inklusif;

2. Tidak dimiliki secar pribadi tetpai secara kolektif oleh seluruh warga negara dan kepemilikan tidak dibuktikn oleh adanya kepemilikan saham terhadap lembaga tersebut;

3. Sumbangan masyarakat terhadap pemerintah (pajak) tidak ada hubungannya langsung dengan jasa yang diterima masyarkat dari pemerintah.

 
Mekanisme Pengurusan Keuangan dan Sistem Anggaran Negara. Anggaran negara adalah unsur dari keuangan negara, maka akuntansi pemerintahan sebenarnya adalah penerapan akuntansi dalam pengelolaan keuangan negara. Praktis penyelenggaraan akuntansi pemerintahan tidak dapat dipisahkan dari mekanisme pengurusan keuangan dan sistem anggaran suatu negara.

Karakteristik Akuntansi Pemerintahan

1. Tidak melakukan pencatatan laba negara karena keinginan mengejar laba tidak inklusif.
2. Tidak melakukan pencatatan kepemilikan pribadi.
3. Betuk akuntansi pemerintahan berbeda antara suatu negara.
4. Penyelenggaraan akuntansi pemerintahan akuntansi pemerintaha tidak bisa dipisahkan dari   mekanisme pengurusan keuangan dan sistem anggaran tiap-tiap negara.

Tidak ada komentar: