Rabu, 01 Februari 2012

Musdes Sosialisasi Tahun 2012 telah berakhir


Teluk sebong, Begituramainya masyarakat berkunjung-kunjung datang dibalai desa Sebong pereh untuk menghadiri pelaksanaan kegiatan Musyawarah desa Sosialisasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat mandiri perdesaan pada tahun 2012.

Dalam pelaksanaan musyawarah ini masyarakat perempuan sangat aktif dalam proses Tanya jawab, kaum ibu-ibu sangat antosias sekali sewaktu Fasilitator kecamatan menjelaskan tentang persyaratan  simpan pinjam kelompokperempuan.

Simpan pinjam kelompok perempuan merupakan sebuah program dari PNPM-mandiri Perdesaan sebagai idola kaum ibu-ibu, karena dengan meminjam kepada PNPM ibu-ibu tidak perlu menggadaikan barang-barang atau harta-harta dirumahnya untuk penambahan modal usaha, hal Ini yang membuat ibu-ibu sangat semangat dan antosias didalam pengelolaan simpan pinjam kelompok perempuan.

Seperti yang telah diungkapkan oleh ibu Rita (34tahun) Program Simpan pinjam Kelompok Perempuan ini merupakan sebuah lembaga simpan pinjam yang sangat membantu sekali masyarakat teruma kaum bawah, dimana kami bisa meminjamkan uang kepada PNPM-Mandiri perdesaan ini untuk mengembangkan usaha kami tanpa harus memberikan jaminan seperti (emas, BPKB Motor, dan lain sebagainya). Hal inilah yang membuat kami sangat antosias sekali terhadap PNPM-Mandiri Perdesaan disini.

Memang secara Prosedur program PNPM tidak meminta jaminan terhadap peminjam, hanya meminta keseriusan dari kaum ibu-ibu untuk mengembangkan usahanya agar bisa mengembangkan usaha dan menambah penghasialan untuk  kehidupan dikeluarganya.

Di kecamatan Teluk Sebong Kabupaten Bintan, mendapatkan PNPM mandiri Perdesaan ini mulai tahun 2004 sampai sekarang, dimana modal untuk SPKP yaitu sebanyak Rp. 1.603.949.461,-  dan proses perguliiran sudah sampai ke 11 kali perguliran

1 komentar:

Bintang Antik Sejahtera mengatakan...

Asset Perkembangan sebesar Rp. 1.603.949.461, adalah sangat besar manfaatnya jika disalurkan kepada keluarga produktif dan bukan untuk keperluan konsumtif sehingga arah pemberdayaan ekonomi masyarakat akan semakin cepat tercapai.
Kami do'akan semoga pergulirannya lancar dan pelaksanaan program PNPM disana juga berjalan tanpa kendala.Amien.Salam dari Blogger Tulungagung Jawatimur