Rabu, 23 Maret 2011

Pengertian Komunikasi Bisnis


Pengertian Komunikasi Bisnis
Komunikasi bisnis terdiri dari dua suku kata yang sudah sangat kita kenal, yakni komunikasi dan bisnis. Namun dekian tentang apa Komunikasi bisnis belum tergambarkan secara jelas. Pada umumnya kita mengartikan komunikasi bisnis secara korespondesi dan periklanan.
Komunikasi bisnis atau dalam bahasa aslinya Business Communication lebih luas dari sekedar korespondensi dan periklanan. Komunikasi bisnis mencakup semua aspek dari “ bagaimana menerima, mengeksperesikan dan bertukar gagsan dalam bisnis.
Marilah kita hayati dulu apakah bisnis itu! Bisnis adalah aktifitas manusia yang berkaitan dengan pembelian/penjualan (pertukaran) barang atau jasa untuk memperoleh keuntungan. Atau secara sederhana bisnis diartikan segala usaha untuk mendapatkan uang.
Sesungguhnya pengertian keuntungan dalam bisnis tak lah selalu dapat kita artikan sebagai keuntungan pinansial.  Banyak yayasan bisnis, misalnya namun keuntungan yang diperolehnya adalah dalam bentuk keuntungan sosial, seperti yayasan pendidikan, atau yayasan yang mengurus yatim piatu dan semacamnya.
Suatu bisnis hanya mungkin berlangsung jika ada dua orang atau lebih berintegrasi dan berkomunikasi. Bisnis dapat dilakukan seseorang namun demikian pada umumnya bisnis dilakukan dalam suatu badan (organisasi) yakni bentuk kerjasama dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan tertentu.
Organisasi mustahil dapat berjalan tanpa jaringan komunikasi antar invidu, seperti kata Raymond V. Lesikar “Without Communication, there wpuld be no organization” tanpa komunikasi tidak akan ada organisasi (Lesikar, 1972:4)
Definisi diatas menjelaskan bahwa pengertian komunikasi perusahaan sama dengan organisasi sosial, namun sesungguhnya ada perbedaan yang prinsipil antara keduanya. Organisasi perusahaaan, sistem penggunaan sumber-sumber daya ditujukan sepenuhnya kepada pencapaian keuntungan secara maksimal. Sementara pada organisasi sosial, organisasi dan sistem penggunaan sumber daya ditujukan untuk kepentingan umum (wiratmo, 1992 :3)
Ekonomi dapat didefinisikan sebagai usaha manusia memenuhi kebutuhannya dan melakukan pilihan alternatif pemakaian alat-alat pemuas kebutuhan yang tersedianya relatif terbatas (Soediyono, 1989:1) atau lebih jelas lagi ekonomi kita artikan sebagai usaha-usaha manusia memenuhi kebutuhannya yang tidak terbatas dengan menggunakan sumber-sumber yang terbatas, melalui peroses pertukaran.
Definisi tersebut dapat kita simpulkan bahwa definisi bisnis adalah operasionalisasi dari ekonomi, semua upaya untuk meningkatkan semua jaringan komunikasi atar manusia.
Siapa Public dari komunikasi bisnis ?
Karena komunikasi bisinis mencakup semua aspek dari  “Shering Ideal in bussiness” maka publik dari komunikasi bisnis adalah stakeholders dari perusahaan.
  

Tidak ada komentar: