Sabtu, 19 Maret 2011

Komunikasi kelompok


Komukasi kelompok
Pengertian komuniksi kelompok adalah komunikasi yang berlangsung antara seorang komunikator dengan sekelompok orang yang jumlahnya lebih dari dua orang. Apabila komunikan (penerima pesan) seorang atau dua orang itu termasuk komunikasi antarpesona. Sekelompok orang yang menjadi komunikan itubisa sedikit yang berarti kelompok itu kecil. Kemunikan yang berlangsung disebut komunikasi kelompok kecil. Jika jumlahnya banyak bearti kelompoknya besar dinamakan kemunikasi kelompok besar.
Effendi (1993) menyebutkan komunikasi kelompok kecil ditujukan kepada kognisi komunikan dan prosesnya saecara dialogis. Dalam komunikasi kelompok kecil komunikator menunjukkan pesannya kepada benak atau pikirankomunikan. Misalnya kuliah, ceramah, diskuni, rapat, Dll. Dalam situasi komunikasi seperti itu logika berperan penting. Komunikan akan dapat menilai logis tidaknya uraian komunikator. Prosesnya berlangsung secara dialogis, artinya tidak linier, melaikan sirkuler, unpan balik bukan hanya menjadi nonverbal. Komunikan dapat menanggapi uraian komunikator, bisa bertanya jika tidak mengerti, tetapi menyanggah bila tidak setuju.
Pendekatan mengenai studi kelompok kecil dan organisasi yang harus selalu diingat adalah ;
1.       Keterampilan komunikasi kelompok kecil sebagian besar adalah keterampilan kepemimpinan secara umum.
2.       Kelompok kecil dan organisasi memiliki kesamaan kultur. Masing-masing mengembangkan tata cara prilaku dan aturannya sendiri mengenai apa yang harus dan tidak harus dilakukan oleh anggota kelompok. Dan masing-masing juga mengatur konsekuensi bagi anggota yang melanggar ketentuan ini.
3.       Kelompok kecil biasanya lebih efektif dalam pemecahan maslah dari pada anggortanya bekerja sendiri-sendiri. Pemecahan kreatif muncul dari suatu kombinasi pemikiran. Pendekatan pada kelompok kecil dengan gagasan dan informasi, tetapi jangan memberikan kesimpulan yang telah dirumuskan dengan kaku.
4.       Kelompok kecil berfungsi dengan baik apabila kita masing-masing melihat kita sendiri merupakan bagian dari kelompok dan membawakan freperensi masing-masing demi kebaikann  dan efektivitas kelompok.
5.       Semua jenis organisasi tergantung pada perangkat keras, apabila komunikasinya buruk, maka kesehatan organisasi menjadi parah. 

Tidak ada komentar: