Jumat, 18 Maret 2011

Aspek komunikasi


Aspek komunikasi

Komunikasi  merupakan aspek yang sangat penting dalam kegiatan bisnis dan dunia usaha. Tanpa komunikasi tidaklah mungkin untuk menyakinkan individu, kelompok atau publik untuk mengenal, memahami dan membutuhkan perusahaan dalam produknya, komunikasi efektif merupakan paktor utama dalam menciptakan kegiatan bisnis yang kondusif, dari konsep diatas dapat kami artikan definisi komunikasi itu sendiri adlah adalah sebuah tranmisi saling pengertian antara peserta komunikasi (komunikator dan komunikan) melalui kata-kata dan simbol-simbol yang memiliki arti.
Elemen dasar komunikasi terdiri dari Komunikator, ecoding (mengemas pesan dalam bentuk lambang biasanya lambang bahasa). Pesan, media, dekoding (penapsiran pesan), Komunikan, gangguan, efek dan unpan balik. Sebagai ahli komunikasi juga menggambarkan unsur dalam proses komunikasi adalah terdiri dari sumber (source), komunikator, pesan, komunikasi, media dsan efek.
Komunikasi dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu Communication as science dan Communication as Tool. Kategari pertama berorientasi pada komunikasi sebagai bidang kajian ilmu, yang melahirkan berbagai  teori, pradigma, model dan konsep ilmu komunikasi. Sedangkan teori yang kedua lebih menekankan pada komunikasi sebagai alat atau fungsi untuk kegiatan yang bersifat praktis.
Komunikasi sebagai ilmu telah melahirkan cabang-cabang ilmu seperti Jurnalistik, Public Relation, manajemen komunikasi, media komunikasi. Komunikasi sebagai ilmu juga melakukan penelitian dampak sosial perkembangan teknologi komunikasi yang juga berpengaruh terhadap perkembangan metodologi penelitian komunikasi. Kompetisi ilmuwan komunikasi dalam bidang teknologi bukan perangkat keras atau perangkat lunak tetapi Content-nya seperti membuat program-program acara dan meneliti danpak sosial teknologi komunikasi pada masyarakat.
 Secara praktis pun kini banyak dunia industri, perdagangan, lembaga, pemerintah, perusahaan swasta membutuhkan ilmu dan profesional dibidang komunikasi 

Tidak ada komentar: