Minggu, 20 Maret 2011

Definisi Komunikasi antarpesona


Definisi Komunikasi antarpesona
Upaya mendefinisikan esensi komunikasi antar persona secara lengkap dan akurat tidaklah mudah, ada banyak sekali definisi komunikasi antar persona sebagai mana dibahas, namun jelas konsep yang berkembang pada kahir dekade ini mengalami perubahan
 Devito (1997) mengemukakan tiga definisi komunikasi antarpersona atau komunikasi antar pribadi berdasarkan
1.       Komponen (Componential).
2.       Hubungan diadik (relational dyadic).
3.       Pengembangan (developmental).
Melalui komunikasi antarpesona kita berinteraksi dengan orang lain, mengenal mereka dan diri kita sendiri, dan mengungkapkan diri sendiri kepada orang lain melalui komunikasi antar persona lah kita membina, memelihara, kadang-kadang merusak, hubungan pribadi kita dengan kenalan baru, kawab lama, kakasih atau anggota keluarga.
Menurut Haryani (2001:17) mengemukakan komunikasi antarpesona merupakan komunikasi antara seorang individu dengan individu lain dimana masing-masing dapat bertindak sebagai sumber maupaun penerima pesan. Jadi dalam komunikasi antar pribadi ini masing-masing orang yang terlibat dapat berperan aktif dalam proses komunikasi. Saat seorang karyawan diminta mengahadap atasannya untuk mempertanggungjawabkan pekerjaan yang dibebankan ke3padanya merupakan contoh komunikasi antarpesona.
Menurut Tubbs dan Moss (1996:16) komunikasi antarpesona adalah pristiwa komunikasi dua orang mencakup hampir semua komunikasi informal dan basa-basi, percakapan sehari-hari yang kita lakukan sejak saat kita bangun pagi sampai kembali ketempat tidur. Komunikasi diadik merupakan komunikasi yang mencakup hubungan antar manusia yang  paling erat.
Mempelajari komukasi antarpesona perlu diperhatikan bahwa :
1.       Setiap orang dan setiap hubungan adalah unik. Apa yang benar atau berlaku pada sebagian besar orang atau kelompok tertentu belum tentu benar atau berlaku pada diri atau hubungan anda, apaq yang benar secara statistik belum tentu benar atau berlaku pada diri atau hubungan anda.
2.       Komunikasi antarpesona, seperti semua bidang spesifik dalam komunikasi antar manusia, mempunyai kosa kata khusus, seperti teori riset dan keterampilan.
3.       Hubungan antarpesona merupakan hal yang hidup dan dinamis. Hubungan ini selalu berkembang walaupun kita dapat menghentikan proses ini secara artifisial untuk membahas pokok tertentu, hubungan itu sendiri tidakj pernah statis.

Tidak ada komentar: