Minggu, 02 Januari 2011

Manajemen Pemeliharaan


10 point manajemen tim pengelola pemeliharaan

1.                  Pengelolaan tim
·         Tugas & tanggung jawab
·         Rencana kerja dan pembagian tugas
·         Aturan tim
·         Kebutuhan pelatihan

2.                  Pengaturan pertemuan
·         Intern tim
·         Tim dengan masyarakat
·         Persiapan Rapat
·         Cara memimpin rapat

3.                  Pengaturan humas / membangun hubungan
·         Dengan masyarakat ?
·         Dengan aparat desa ?
·         Dengan unsur dari luar desa ?
4.                  Pengelolaan keuangan
Pengelolaan keuangan adalah mengelola hasil-hasil yang telah diperoleh dari berbagai belah pihak,
·         Buku kas harian dan bukti pengeluaran

5.                  Perencanaan, identifikasi prasarana.
Kunci terhadap perencanaan yang terbaik adalah dengan menggunakan analisis manageman SWOT
·         Rencana pemeliharaan
·         Estimasi biaya pemeliharaan bulanan
·         Estimasi biaya insentif bagi tim

6.                  Kegiatan pemeliharaan
Tujuan untuk melakukan pemeliharaan adalah untuk mempertahankan fungsi pelayanan, memperpanjang umur pemakaian prasarana dan mengurangi biaya yang lebih besar untuk perbaikan kembali bila kondisi prasarana telah rusak.
·         Pencatatan kegiatan pemeliharaan

7.                  Pengawasan
Pengawasan adalah kegiatan untuk mengumpulkan informasi dan mengamati perkembangan pelaksanaan suatu kegiatan yang dilakukan secara priodik untuk memastikan apakah kegiatan tersebut sudah dilaksanakan sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.
·         Oleh masyarakat
·         Oleh pihak luar

8.                  Pelaporan
Pelaporan merupakan proses penyampaian data dan atau informasi mengenai perkembangan atau kemajuan setiap tahapan dari pelaksanaan program, kendala atau permasalahan yang terjadi, penerapan dan pencapaian dari sasaran atau tujuan.
·         Keuangan
·         Kegiatan fisik

9.                  Pertanggungjawaban
Adalah mempertanggungjawabkan atau memberikan informasi kepada masyarakat atas penggunaan dana yang telah dikeluarkan dan dana pemasukan dalam buku kas.
·         Rekapitulasi penggunaan dana
·         Rekapitulasi kegiatan



10.              Pengarsipan
Adalah penyimpanan dokumen-dokumen yang telah direncanaakan maupun yang telah direalisasikan oleh tim pemelihara.
·         Surat, keuangan, kegiatan, perencanaan
·         Gambar as-built drawing

Tidak ada komentar: