Rabu, 29 Desember 2010

MEMBANGUN TIM KERJA

                    MEMBANGUN TIM KERJA


Membahas materi tim kerja tidak dapat lepas antara pekerjaan yang akan dilakukan atau menjadi tanggung jawab dari tim tersebut dan individu-individu yang akan dilibatkan dalam pembentukan suatu tim. Mengenali keduanya pada tahap awal, menjadi sesuatu yang mendasar dan harus dilakukan. Dan analisis pengelolaan atas keduanya secara berdayaguna dan berhasil guna menjadi langkah selanjutnya.

MENGENALI PEKERJAAN

Cakupan pekerjaan, sasaran yang ingin dicapai, jangka waktu pencapaian, ketampilan-ketrampilan pendukung yang dibutuhkan dan mekanisme pelaksanaannya harus mampu dirumuskan secara spesifik dalam hal kualitas maupun kuantitasnya. Di bawah ini beberapa prasyarat yang dapat membantu untuk perumusan tersebut, yakni:

1
Tanggung Jawab
:
Harus jelas siapa yang bertanggungb jawab atas sesuatu  tugas dan orang yang bertanggung jawab tersebut harus mengetahuinya
2
 Ukuran Hasil
:
Harus jelas ukuran hasil kerja yang akan dicapai, sehingga semua orang tahu mereka bekerja untuk dan harus menghasilka apa.
3
Umpan Balik
:
Harus ada suatu sistem yang dapat memberikan umpan balik baik kepada bawahan maupun kepada atasan, sehingga mereka semua tahu kapan saatnya bisa dikatakan mereka telah menyelesaikan pekerjaan dengan baik, dan apakah mereka memang telah bekerja dengan baik atau belum.
4
Konsekuensi
:
Harus jelas apa konsekuensi suatu pelaksanaan  pekerjaan setelah tugas tersebut selesai dikerjakan dan diketahui hasilnya  kalau bagus harus dihargai, kalau jelek harus diperbaiki kembali.


Faktor-faktor ini berkait dengan tingkat keahlian, pengetahuan, Kemampuan, dan bakat. Hal ini bersifat sangat khas pada setiap orang dan bervariasi pada setiap jenis pekerjaan.


Tidak ada komentar: