Kamis, 23 Juni 2011

komunikasi data

Pengertian komunikasi adalah pertukaran maklumat antara 2 individu menggunakan set simbol, petunjuk atau kelakuan yg sama. Komunikasi juga bermaksud berkongsi maklumat sama ada secara setempat(local) atau  jauh(remot). Komunikasi setempat adalah komunikasi antara muka kemuka. 

Komunikasi jarak jauh adalah komunikasi melalui jarak yang jauh. Sedangkan data adalah angka, huruf atau simbol yang berada dalam file-file dan dapat di proses oleh komputer atau bisa disebut juga fakta mentah sebelum diproses pada komputer. Dalam komputer data diwakili oleh digit perduaan (0s dan 1s) yang berarti binary information units (bits). 

Maklumat terdiri dalam bentuk data, suara, image, alfabet dan kode yang telah diproses. Dalam bentuk yang boleh digunakan dan difahami oleh penerima. Kode sembarang message yang boleh dibaca dan mempunyai maksud dan difahami oleh pengguna akhir.
Dalam bentuk sederhana, komunikasi data terjadi antara 2 device yang secara langsung berhubungan dengan medium transmisi point to point. Bila bentuk ini dipakai maka:
§  · Bila device berada pada bagian yang jauh maka akan mahal, contoh : untuk menghubungkan link
antara 2 device yang jauhnya ribuan mil.
§  · Adanya set-set device, masing-masing memerlukan sebuah link ke lainnya pada variasi waktu,
contoh : semua telephone didunia dan semua terminal dan komputer dimiliki oleh suatu organisasi tunggal kecuali untuk kasus dengan sedikit device, hal tersebut tidak praktis untuk menggelar kabel antara masingmasing pasangan device.
stasiun adalah suatu kumpulan device yang akan berkomunikasi, dapat berupa komputer-komputer, terminal-terminal, telephone-telephone atau device komunikasi lainnya. Tiap stasiun menghubungkan ke jaringan node (network node). Set-set node tersebut merupakan pembatasan dari jaringan komunikasi yang sanggup mentransfer data antar pasangan stasiun-stasiun. Tipe dari jaringan komunikasi dalam buku ini :
§  · Switched network , data ditransfer dari sumber ke tujuan melalui hubungan node seri. 
§  Circuit-switched network, arah komunikasi diwujudkan antara 2 stasiun melalui jaringan node contoh umum : jaringan telephone. 
§  Packet-switched network, data dikirim dalam serangkaian potongan-potongan kecil, yang dinamakan paket. tiap paket melewati jaringan dari node ke node sepanjang jalur yang menghubungkan sumber ke tempat tujuan. Contoh umum: komunikasi terminal ke komputer dan komputer ke komputer.
§  · Broadcast network, terdapat transmitter/receiver yang berkomunikasi melalui medium yang disebar oleh stasiun-stasiun lain. Suatu transmisi dari satu stasiun di-broadcast ke dan diterima oleh semua stasiun lainnya. Contoh sederhana : CB Radio System. Dalam kasus berikutnya data ditransmisikan dalam paket-paket, karena medium dibagi-bagi, maka hanya suatu stasiun pada suatu waktu yang dapat mentransmisi suatu paket

Tidak ada komentar: