Kamis, 03 Februari 2011

Tugas dan Tanggungjawab Tim Verifikasi


Tugas dan Tanggungjawab Tim Verifikasi serta tata cara Pembentukannya

Tim Verifikasi adalah tim yang dibentuk  dari anggota masyarakat dan instansi terkait yang memiliki pengalaman dan keahlian khusus, baik di bidang teknik prasarana,  simpan pinjam, pendidikan, kesehatan dan pelatihan ketrampilan masyarakat sesuai usulan kegiatan yang diajukan dalam musyawarah desa perencanaan usulan. Peran tim verifikasi adalah melakukan pemeriksaan serta penilaian usulan kegiatan  semua desa peserta PNPM Mandiri Perdesaan  dan selanjutnya membuat rekomendasi kepada  BKAD/MAD sebagai dasar pertimbangan pengambilan keputusan.

Tugas dan Tanggung jawab Tim Verifikasi adalah :
a.    memeriksa kelengkapan dokumen setiap usulan yang diajukan masing-masing desa,
b.    melakukan observasi lapangan untuk memeriksa kesesuaian yang ditulis dalam usulan  dengan fakta  di lapangan,
c.    memeriksa kesesuaian usulan dengan kriteria dan tujuan PNPM Mandiri Perdesaan, serta bersama dengan BKAD memeriksa keterkaitan usulan antar desa sebagai suatu konsep pengembangan wilayah.
d.    menyampaikan usulan kegiatan kepada Fasilitator Kabupaten  agar dilakukan pemeriksaan kembali,
e.    membuat rekomendasi terhadap hasil pemeriksaan usulan kegiatan
f.     menyampaikan dan menjelaskan  rekomendasi hasil pemeriksaan  usulan kegiatan kepada peserta  MAD

Kriteria Tim Verifikasi
Kriteria anggota Tim Verifikasi adalah sebagai berikut:
a.    anggota masyarakat yang memiliki pengalaman dan keahlian khusus, baik dibidang teknik prasarana, keuangan, perbankan, simpan pinjam, pendidikan, kesehatan dan pelatihan ketrampilan masyarakat sesuai dengan usulan yang diajukan,
b.    sanggup meluangkan waktu sesuai dengan kebutuhan kegiatan verifikasi yang diperlukan,
c.    diutamakan berasal dari penduduk setempat (desa, kecamatan atau paling jauh dari kabupaten)
d.    mempunyai wawasan yang cukup dan  bersikap netral atau tidak memihak salah satu atau beberapa desa saja,
e.    jumlah personil antara 5 s/d 10 orang

Proses Pembentukkan Tim Verifikasi
a.    Fasilitator Kecamatan dan PjOK dibantu PL dan BKAD memperkirakan keahlian yang dibutuhkan untuk verifikasi berdasarkan jenis usulan yang diajukan ke Musyawarah Antar Desa,
b.    Fasilitator Kecamatan mengidentifikasi orang-orang yang memenuhi syarat sesuai keahlian yang dibutuhkan, yaitu dengan konsultasi secara informal dengan tokoh-tokoh  desa/kecamatan untuk mendapatkan masukkan siapa saja yang mampu melakukan verifikasi sesuai kriteria sebagaimana di atas,
c.    menghubungi orang-orang yang sudah teridentifikasi, menjelaskan secara informal tentang PNPM Mandiri Perdesaan, maksud kedatangan dan mewawancarai tentang keahlian dan pengalaman yang dimiliki serta konfirmasi kesediaan (punya cukup waktu) jika nantinya ditetapkan sebagai anggota tim verifikasi. Jika orang yang keahliannya dibutuhkan tidak ditemukan di kecamatan, Fasilitator Kecamatan dapat minta bantuan ke Fasilitator Kabupaten untuk mendapatkan tenaga yang dibutuhkan,
d.    merekapitulasi dan catatan tentang calon anggota tim verifikasi diajukan ke Fasilitator Kabupaten untuk memastikan kesesuaian keahlian dan ketrampilan calon anggota tim verifikasi dan usulan dari semua desa
e.    Fasilitator Kabupaten membuat catatan terhadap calon anggota tim verifikasi dan menandatangani daftar anggota TV untuk dipilih dan ditetapkan pada rapat di kecamatan.
f.     mengadakan rapat di kecamatan untuk menentukan dan menetapkan  tim verifikasi yang dihadiri oleh; Camat, PjOK, Fasilitator Kecamatan, Fasilitator Kabupaten, para calon anggota TV, PL, BKAD dan tokoh-tokoh masyarakat lainnya,

Tidak ada komentar: