Minggu, 17 April 2011

tujuan Kepemimpinan


Semakin jelas tujuan yang dimiliki, semakin tajam fokusnya, demikian sebaliknya. Penetapan tujuan yang efektif menjadikan visi semakin terfokus karena menjelaskan langkah-langkah yang dapat diambil untuk mencapai visi tersebut.

Visi memang penting, namun visi itu tidak akan terwujud bila tujuan suatu program tidak terencana dan dilaksanakan dengan benar. Sebuah visi akan tetap sama dalam jangka waktu yang lama, sedangkan sebuah misi akan menyesuaikan dengan visi. Namun, suatu tujuan harus ditinjau secara berkala agar seorang pemimpin dapat menyesuaikannya dengan situasi yang terus berubah.

Ketika menetapkan tujuan, kita menuliskan langkah-langkah yang diperlukan untuk menyempurnakan visi kita. Agar tujuan yang ditetapkan efektif, seorang pemimpin perlu memahami karakteristik tujuan yang baik.

Ada beberapa prinsip yang berguna untuk menjadikan tujuan efektif.
·        
   
      Izinkan pemikiran Anda berkembang. Jangan membatasi diri Anda sendiri sehingga membuat Anda terkungkung oleh penjara yang Anda buat sendiri.
·     
      Tuliskan tujuan Anda secara  terperinci. Lord Bacon bahkan berkata, ”Menulis membuat seorang menjadi sempurna.” Dengan menulis, apa yang ada dalam pikiran kita akan terpatri dan gagasan yang kitamiliki menjadi spesiļ¬k.
·       
          Nyatakan tujuan Anda dengan  positif. Jika kita mengatakan bahwa tujuan kita adalah ”agar
saya tidak suka menunda-nunda lagi”, itu tidaklah efektif. Tujuan perlu motivasi agar melakukan apa yang kita mau, ingin menjadi seperti apa kita. Bagaimana kita akan memvisualisasikan ”tidak akan menunda-nunda lagi” itu?
·        
   Pastikan bahwa tujuan Anda  meliputi perubahan karakter. Kita tidak bisa mengharapkan berat badan kita akan turun, bila kebiasaan yang kita miliki adalah menyantap banyak lemak dan gula sepanjang hari. Kita harus menetapkan tujuan untuk berubah dan mengembangkan karakter apa pun yang kurang dalam diri kita. Perubahan dalam diri merupakan faktor pentingdalam penetapan tujuan.
·         
   Jadikan tujuan Anda sebagai tujuan pribadi. Dalam menetapkan tujuan pribadi, diperlukan karakter yang kuat, terutama bila tujuannya berbeda dengan norma masyarakat. Adalah hal yang mustahil bila kita harus memimpin dengan tujuan yang dibebankan oleh orang lain pada kita. Dalam suatu organisasi, tiap orang menetapkan tujuannya sendiri. Seorang manajer bisa memandu bawahannya yang akan menetapkan tujuannya sendiri dalam organisasi tersebut karena bagaimanapun tujuan pribadi hendaknya tidak bertentangan dengan tujuan organisasi. 
   
  Tujuan pribadi penting karena dengan begitu anggota akan punya kecenderungan memenuhi tujuan pribadinya itu dan tidak menyalahkan orang lain bila tujuannya tidak tercapai.

Tidak ada komentar: