Kamis, 07 April 2011

Lagoi Bintan


Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Ibu Ani, Sabtu (26/2) pagi, meresmikan pemberian nama baru Kawasan Wisata Terpadu Teluk Lebong, Treasure Bay menjadi Pesona Lagoi Bintan di Desa Sabong Lagoi, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Di kawasan Pesona Lagoi Bintan ini nantinya akan terdapat antara lain resort dan vila, pelabuhan, pusat perbelanjaan, hiburan dan restoran, dalam luas area 835 hektar. 

Setibanya di tempat acara, Presiden dan Ibu Negara langsung meninjau keindahan laut Teluk Lebong.

Direktur PT. ND Rekayasa Prima sebagai salah satu anggota konsorsium pengembangan, Noegroho Djajoesman menjelaskan, nantinya seluruh pembangunan sarana dan prasarana akan ditata dengan baik secara profesional dan berkualitas, dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan. "Menjadi suatu impian kami untuk mengubah kawasan ini menjadi lokasi pariwisata terbaik di Asia, sehingga akan menjadi daya tarik lokasi pariwisata terbaik di Asia dan daya tarik yang kuat, baik bagi para turis domestik maupun asing," kata Noegroho Djajoesman.

Pulau Bintan memang menyajikan banyak keindahan alam seperti pantai pasir putih yang eksotis, air laut yang jernih, dan aneka warna batu karang laut. Dalam sambutannya, Gubernur Kepulauan Riau Muhammad Sani mengatakan bahwa total wisatawan tahun 2010 yang datang sekitar 1,5 juta orang.

Presiden SBY menginginkan Bintan akan sama majunya dengan Singapura diwaktu yang akan datang. Presiden menilai peluang itu sangat besar karena jumlah golongan menengah masyarakat dunia semakin meningkat, demikian juga bangsa Indonesia. "Di kawasan ini, sektor kepariwisataan memiliki prospek yang baik. Oleh karena itu, marilah kita jemput masa yang menjanjikan itu," kata SBY.

"Marilah terus kita bangun kawasan ini menjadi kawasan ekonomi terpadu. Baik itu pariwista, industri, jasa, dan bahkan pertanian khusus yang betul-betul bisa memastikan ekonomi di provinsi ini bisa tumbuh dengan baik, berimbang, dan membawa manfaat bagi masyarakat Kepulauan Riau dan bangsa Indonesia," tambahnya.

SBY mengajak semua pihak untuk mentekadkan semangat, membulatkan pikiran untuk membangun kawasan Legoi sebaik-baiknya serta terus berkreasi, inovasi, dan profesional. "Titipan saya jaga lingkungan karena menjaga lingkungan itu bagian dari daya tarik yang kita berikan kepada wisatawan yang akan datang ketempat ini," pesan SBY.

Kepala Negara juga mengungkapkan rasa optimis bahwa nantinya kawasan pariwasata terpadu ini akan berhasil kelak dikemudian hari. "Dengan harapan dan pesan itu, dan dengan telebih dahulu memohon ridho Allah SWT, maka kawasan wisata baru ini saya beri nama Pesona Lagoi Bintan," kata Presiden SBY.

Peresmian nama Pesona Lagoi Bintan ditandai dengan penekanan sirine dan penandatangan prasasti oleh Presiden SBY. Selanjutnya Kepala Negara meninjau maket dan stan pameran pariwisata yang ada di Kawasan Wisata Terpadu Teluk Sebong yang berada di sekitar tempat acara.

Turut hadir antara lain, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menko Kesra Agung Laksono, Mensesneg Sudi Silalahi, Menbudpar Jero Wacik, Menhub Freddy Numberi, Menhan Purnomo Yusgiantoro, dan Menpera Suharso Monoarfa.(dit/yun)

Tidak ada komentar: