Kamis, 07 April 2011

wisata bintan


Sebagai salah satu negara maritim terbesar didunia, wisata pantai dan kelautan telah menjadi sektor penting dalam industri pariwisata indonesia. Pulau Bintan, sebagai daerah yang sangat strategis letaknya, yakni berdekatan dengan Singapore dan Johor Malaysi, dan juga dikenal sebagai pulau yang menyimpan berbagai ragam daya tarik wilayah perairan pantai dan laut juga telah mencoba mengeksplorasi wilayahnya untuk kepentingan wisata.

Melalui otonomi daerah yang telah diberlakukan, maka pemerintah kabupaten Bintan turut serta memajukan wisata pantai di daerahnya untuk meningkatkan pendapatan asli daerah. Pemerintah lokal wilayah ini berlomba dalam menarik investor asing dan lokal untuk bersedia menanamkan modal mereka di industri ini.

Seperti di artikel Lagoi Bintan Resort yang dimuat sebelumnya, pulau Bintan adalah pulau terbesar dari total 3,214 pulau di Propinsi Kepri, dimana pulau ini dihuni oleh lebih dari 117.000 jiwa. Pulau Bintan terletak di posisi yang strategis dekat dengan Singapore dan Malaysia, dan hanya berjarak sekitar 40 km dari negara Singapura.

Penetapan Segitiga Emas Singapura-Johor-Riau atau lebih dikenal dengan sebutan Sijori sebagai wilayah pengembangan terpadu menempatkan Kepulauan Riau di pusat perkembangan ekonomi di Asean. Sebagai kepulauan yang sudah lumayan maju, Pulau Bintan mudah dijangkau dari berbagai tempat dengan transportasi laut. Dari pulau Batam, 3 pelabuhan penumpang di Bintan dapat dijangkau menggunakan perahu motor yang dengan biaya sekitar Rp40.000,00. Bahkan beberapa kapal penumpang juga berangkat dari/menuju Tanjung Pinang di Bintan bagian selatan tiap harinya.

Dari Pekanbaru, ticket ferry seharga sekitar Rp220.000 yang berangkat pada pukul 6:30 akan mengantar anda hingga Kabupaten Bintan. Pulau bintan juga sangat mudah aksesnya dari Tanjung Balai karimun, Natuna dan pulau singkep.
Pulau Bintan juga bisa diakses secara langsung melalui jalur laut dari negara tetangga

Singapore dan Malaysia. Banyak perahu feri yang melayani jalur Singapura-Tanjung Pinang dengan waktu tempuh kurang dari 1 jam. Setidaknya 5 trip ferry yang melayani perjalanan dari dan menuju pelabuhan Stulang Laut di Johor Bahru Malaysia dengan harga ticket 75 Ringgit Malaysia sekali jalan.

Dari awal, Pulau Bintan memang diproyeksikan sebagai pulau wisata dan peristirahatan karena banyak mempunyai kawasan pantai indah yang telah dihiasi dengan berbagai fasilitas berkelas mewah dan kebanyakan berada di sepanjang pantai utara pulau ini atau tepatnya didaerah Lagoi.

Kawasan Lagoi dipilih sebagai kawasan wisata pantai bertaraf internasional karena memiliki pantai yang berarus tenang hampir sepanjang tahun dan berhadapan langsung dengan Singapura dan Malaysia.

Tempat wisata yang telah dikembangkan di lagoi adalah Kawasan Wisata Terpadu Eksklusif Lagoi (Bintan Resort), Pantai Sebong Pereh, dan Desa wisata Sebong Pereh yang menawarkan wisata bahari. Di kawasan ini terdapat berbagai fasilitas wisata international yang tarifnya lumayan mahal antara lain beberapa hotel berbintang, bar dan diskotik, spa mewah, serta terdapat beberapa lapangan golf.

Pulau Bintan tidak hanya terkenal dengan lagoi nya, tetapi tempat tempat wisata lain mulai dari wisata alam, wisata ekologi, wisata budaya, serta wisata sejarah. Tengok saja alternative wisata yang ada seperti Pantai Tanjung Berakit, Pantai Trikora dan perkampungan Nelayan Kawal, pantai-pantai di Pulau Kecil di Sekitar Pulau Bintan, dan Bintan Leisure Park, serta Air Terjun Gunung Bintan, Goa Gunung Bintan, dan Danau Bekas Galian Bouksit Alam Tirta di kecamatan Teluk Bintan. Dimana tempat wisata tersebut tak kalah cantik dengan kawasan Lagoi. Bilamana anda berminat dengan wisata ekologi, anda bisa mengunjungi dan turut melakukan penanaman pohon di hutan bakau sepanjang pantai timur Pulau Bintan dan hutan lindung di Gunung Kijang dan Bukit Kucing.

Dan bilamana anda ingin mengetahui sejarah yang telah dilalui pulau ini, anda bisa mengunjungi Makam Hang Nadim di Desa Busung yang berjarak tempuh sekitar 35 menit dari Kota Tanjungpinang dengan trasnsportasi laut, Komplek Makam Bukit Batu yang berjarak sekitar 60 Km dari Kota Tanjungpinang, Makam Panjang di Pulau Pengujan (30 menit dari Kota Tanjungpinang dengan trasnsportasi laut), serta Makam Sultan Muhayatsyah yang terletak di Kecamatan Tambelan. Terdapat juga pulau yang bernama Penyengat dimana di pulau ini terdapat sebuah situs peninggalan sejarah bernama Taman Pantai Penyengat yang memiliki gapura beton bekas pagar gedung Hakim Kerajaan Riau.

Hotel dan penginapan sebagian besar berada di pesisir utara dan timur Pulau Bintan. Di kawasan Lagoi terdapat hotel hotel berkelas internasional seperti Nirwana Garden, Mayang Sari Bintan Resort, Mana-mana Beach Club, Cabanas, Hotel Sol Elite Bintan dan Hotel Sedona Bintan Lagoon, Banyan Tree, Angsana, yang bertarifkan internasional. Pengingapan murah terdapat di daerah pesisir timur sekitar pantai Trikora seperti Trikora Beach Cottage dan Bukit Berbunga Cottage, Lodge Travel, dan Bintan.

Tidak ada komentar: