Minggu, 24 April 2011

PENDEKATAN KEPEMIMPINAN


PENDEKATAN KEPEMIMPINAN

Pemimpin organisasi pada umumnya dipandang sebagai orang yang berusaha menguasai dan mempengaruhi orang atau kelompok agar dapat melakukan dan mengerjakan sesuatu sebagai bagian dari usaha mencapai kebaikan organisasi.

Kekuasaan yang dimaksud adalah potensi dan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk dapat mempengaruhi dan mengemudikan orang lain agar berpikir dan bertindak sesuai dengan yang diinginkannya (Robbins, 2002:50; Pace dan Faules, 2002:253).

Fenomena organisasi pada umumnya tidak terlepas dari peranan, kegiatan, dan keterampilan pimpinan organisasi. Sebaliknya, perkembangan fenomena organisasional juga membentuk peranan-peranan (keterampilan) baru bagi pimpinan organisasi. Keduanya saling membentuk satu sama lain. Para ahli dalam bidang ini memandang bahwa fenomena organisasional dapat dijelaskan dalam kerangka kuasa-menguasai dan pengaruh-mempengaruhi.

Dalam konteks administrasi aktualisasi potensi pengaruh-mempengaruhi tidak terbatas pada hirarkhi organisasional semata (Sutisna, 1993:301).

Kepemimpinan adalah proses pengarahan dan mempengaruhi aktivitas yang berkaitan dengan tugas dari anggota kelompok. Untuk lebih mempermudah dalam memahami kepemimpinan tersebut perlu digunakan beberapa pendekatan. Pendekatan-pendekatan tersebut antara lain adalah pendekatan kepemimpinan berdasarkan sifat, pendekatan kepemimpinan berdasarkan tingkah laku, dan pendekatan kepemimpinan berdasarkan teori situasional, serta pendekatan kepemimpinan berdasarkan teori penerimaan

Dengan kata lain, dimensi kekuasaan tidak hanya dimiliki secara legal oleh orang yang memiliki kedudukan saja. Implikasinya adalah dalam kondisi dan situasi yang bebas hirarki, proses kuasa menguasai dan pengaruh mempengaruhi terjadi sebagai implikasi logis dari hubungan-hubungan sistem sosial. Singkatnya, siapapun dalam kondisi dan situasi apapun memiliki peluang yang sama untuk mempengaruhi orang lain. Untuk kepentingan studi ini, konsep mempengaruhi hanya dibatasi pada pemimpin organisasi yang pada dasar nya memiliki potensi mempengaruhi secara legal.

1 komentar:

Ngobrol Yuk mengatakan...

Thanks atas tulisan Pendekatan kepemimpinannya.. sedang ada tugas tentang ini..