Rabu, 29 Desember 2010

Fungsi dan Metode Pendampingan Masyarakat


Fungsi dan Metode Pendampingan Masyarakat

Dalam materi seluruhnya sudah dibahas tentang Pendamping sebagai indikator Pengembangan Peran Masyarakat.

Dalam perspektif Metodologi pendampingan merupakan salah satu cara atau metode untuk mengembangkan peran masyarakat yang menurut Arliter Tutiho, sifat utama pendamping adalah sebagai “animator”
Prinsip Pendamping

Prinsip kawan sebaya atau kemitraan artinya bahwa hubungan pendamping dan masyarakat di dasarkan pada pandangan bahwa keduanya memiliki posisi yang sejajar sebagai pelaku Pembangunan maupun dalam bekerjasama untuk melakukan pembangunan.

Prinsip saling asuh/asah/asih, yaitu adanya hubungan yang dilandasi saling ingin memberi yang terbaik, saling mengayomi dan meluruskan serta saling mengasihi dan membantu.

Prinsip Egaliter, artinya bahwa pendamping dan masyarakat adalah  memiliki kesamaan sebagai bagian dari masyarakat dengan tidak dibatasi oleh jabatan, status sosial tersebut.

Metode Pendampingan
Konsultasi, yaitu upaya pembantuan yang diberikan pendamping terhadap masyarakat dengan cara memberikan jawaban, solusi dan pemecahan masalah yang dibutuhkan oleh masyarakat.
Pembelajaran, yaitu alih pengetahuan dan sistem nilai yang dimiliki oleh pendamping kepada masyarakat dalam proses yang disengaja.
Konseling, yakni membantu menggali masalah dan potensi yang dimiliki, membuka alternatif-alternatif solusi dan mendorong masyarakat mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan yang bertanggung-jawab bagi kehidupannya
Tugas dan Fungsi Pendamping/fasilitator
Fasilitator adalah orang yang menyelenggarakan dan menyediakan sarana dan membangun proses agar peserta belajar (masyarakat kelompok sasaran) melakukan kegiatan secaa mandiri. Fasilitator adalah “orang luar” yang mendampingan masyarakat untuk menggali pengetahuan dan keterampilan mereka, bukan sebagai “guru”  bahkan fasilitator juga belajar mengenal keterampilan dan pengetahuan masyarakat.

Tugas Fasilitator dalam:
Mendorong masyarakat untuk melakukan Perubahan-perubahan Sikap, pengetahuan maupun perilaku baik perubahan secara individual maupun kelompok dalam penanggulangan Kemiskinan.
Melakukan identifikasi dan analisa masalah, Merencanakan Kegiatan, Monitoring dan evaluasi bersama dengan kelompok sasaran.
Mendorong kelompok sasaran/masyarakat untuk melaksanakan kegiatan yang sudah direncanakan.
Membantu masyarakat untuk mengorganisir  kegiatan.
Mendorong terjadinya kerjasama antar anggota masyarakat dalam penanggulangan kemiskinan.
Membantu masyarakat baik individu maupun kelompok dalam bekerjasama dengan kelompok lain dalam pelaksanaan kegiatan, misalnya memudahkan msyarakat untuk mendapatkan narasumber dalam pengembangan usaha. Memberikan informasi yang dibutuhkan mengenai pengembangan usaha.

Tidak ada komentar: