Minggu, 01 November 2020

mesin pencacah daging


Kemajuan perkembangan dunia ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut kalangan perguruan tinggi khususnya mahasiswa untuk dapat serta menciptakan dan meningkatkan penguasaan teknologi pada masyarakat terutama teknologi tepat guna. Teknologi tepat guna merupakan teknologi yang tepat sasaran untuk dapat digunakan dan dikembangkan oleh masyarakat umum. Dengan demikian teknologi tepat guna harus lebih dikembangkan lagi di kalangan pendidikan maupun masyarakat untuk menambah pengetahuan dan penguasaan. 

Untuk menunjang kemampuan teknologi tepat guna tersebut, perguruan tinggi harus berperan aktif dalam menciptakan dan mengembangkan teknologi tepat guna yang sudah ada maupun teknologi yang belum ada. Dalam hal ini peran serta mahasiswa dalam mengembangkan teknologi tepat guna salah satu alternatifnya yaitu pembuatan mesin pencacah daging. 

Aplikasi penggunaan perancangan dari sistem manual yang di ubah menjadi sistem mesin melalui rangkaian motor penggerak, digunakan pada teknologi tepat guna dan diterapkan pada proses pencacahan daging. Mesin pencacah daging ini dapat dimanfaatkan untuk mencacah daging dalam jumlah besar dan dalam waktu yang singkat, khususnya kepada para pembuat abon, yang sehari-harinya disibukkan pada proses pencacahan daging secara manual. 

Begitu banyak proses pencacahan daging, salah satunya dari cara menggunakan tenaga manual yang prosesnya kurang efisien, sehingga sangat tepat untuk membuat mesin ini, guna memberikan kemudahan di saat proses pencacahan daging. Melihat kondisi di atas, kami berusaha membuat mesin pencacah daging yang benar-benar memberikan kemudahan bagi penggunanya, terutama para pembuat abon. Mesin ini merupakan modifikasi dari mesin pencacah daging yang sudah ada sebelumnya baik dari bentuk dan komponen komponennya. Meskipun mesin ini sudah ada, tetapi masih jarang sekali digunakan oleh masyarakat umum, sistem pada mesin masih kurang efektif dan efisien, sehingga masih banyak para pembuat abon dalam melakukan pencacahan masih menggunakan cara-cara manual. Mesin ini menggunakan tenaga motor, dengan spesifikasi mampu mencacah 0,5 kg daging dalam waktu 1 menit. Dengan sistem kerja yang demikian diharapkan dalam waktu singkat dapat menghasilkan daging yang sudah tercacah dalam jumlah besar.

Mesin pencacah daging ini terdiri atas berbagai komponen yang saling mendukung agar dapat bekerja dengan baik. Setiap bagiannya saling berkaitan dan mempunyai fungsi masing-masing. Beberapa komponen yang penting tersebut diantaranya adalah poros utama. Poros utama berfungsi penting untuk memutar silinder pencacah. Dimana poros ini dihubungkan langsung dengan silinder pencacah yang berfungsi untuk mencacah daging. Komponen poros utama terletak di bagian atas kerangka, yang berputar melalui bearing yang dilengkapi dengan pulley

Tidak ada komentar: